Berita

Seminar Nasional “Inovasi Sumber Daya Indonesia dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan untuk Indonesia Emas 2045”

Sijunjung 23 Oktober 2023. Departemen Agroindustri FMIPA UNP hari ini mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Inovasi Sumber Daya Indonesia dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan untuk Indonesia Emas 2045” secara Hybrid di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung dan Zoom Meeting.

Hadir sebagai Keynote Speaker pada acara tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng.

Dalam penyampaiannya Wagub Audy memotivasi seluruh mahasiswa untuk belajar dengan giat, karena anda sudah memilih jalur yang tepat. Agroindustri ini sekarang adalah ceruk pekerjaan yang menjanjikan di masa depan, apalagi bagi generasi milenial yang melek dengan teknologi, di era industri 4.0, kecepatan dan kesungguhan mengambil peluang sangat menentukan kesuksesan anda.

Selanjutnya Audy juga menjelaskan posisi Sumatera Barat dalam perkembangan pertanian di Indonesia, bahwa Sumatera Barat berada di urutan 11 provinsi di Indonesia dalam hal ketahanan pangan. Sebagai provinsi yang base kultural Economicnya Agraris, kita berpeluang untuk meningkatkan produksi Agro kita, apalagi Sumatera Barat ini tanahnya subur, jelas beliau.

Pak Audy juga memberi kuis dan membagikan buku dan kartu elektronik money kepada mahasiswa. Mahasiswa sangat senang dan antusias mengikuti kuliah umum yang disampaikan pak Wagub.

Narasumber lain pada acara seminar nasional tersebut, Prof. Dr. Abdul Razak M. Si dari FMIPA UNP yang menjelaskan tentang Teknologi NANOBUBLES yang berkembang sekarang. Berturut-turut pemateri selanjutnya Fitra Syawal Harahap, SP, M. Agr dari Agroteknologi Universitas Labuhan Batu Sumatera Utara serta Dr. Ir Edwin, SP dari Universitas Andalas. Masing masing bicara tentang kultur tanah, tanaman dan perkembangan pertanian.

Dalam sambutan pembukaan, dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli M.Si mengatakan bahwa Seminar Nasional ini merupakan program rutin Agroindustri sebagai komitmen untuk pengembangan ilmu pertanian dan pangan. Lebih lanjut pak dekan menjelaskan, bahwa kedepan kerjasama UNP dalam hal ini akan terus ditingkatkan.

Hadir sebagai Opening Speech pada acara tersebut Bupati Sijunjung yang dalam hal ini diwakili oleh asisten 2 bapak Muhadiris SP. ME  yang menjelaskan keberadaan Kabupaten Sijunjung sebagai Kabupaten yang potensial dalam mendukung program ketahanan pangan, tinggal kerja sama dan sinergitas yang perlu ditingkatkan dengan pihak Perguruan Tinggi terutama Departemen Agroindustri kampus Sijunjung.

Hadir juga dalam acara tersebut Camat se-Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD, dan Kepala Departemen Agroindustri Resti Fevria, S.TP., MP, seluruh dosen dan sivitas akademika Agroindustri Kabupaten Sijunjung. Dan pada acara Seminar Nasional ini di sponsor berbagai pihak, dari Bank Nagari, PDAM Tirta Sanjung, PT. Kemilau Permata Sawit dan CV. Bintang Bima Sakti.

Acara seminar berjalan lancar, dimulai jam 08.00 dan selesai jam 12.30 dengan dimoderatori oleh Santi Diana Putri SP, M.Si dengan jumlah peserta seminar sebanyak 250 peserta baik online maupun offline. Kemudian acara berlanjut di ruang zoom yang membahas materi dari para pemakalah.